Advertisements

Seperti yang kami beritakan sebelumnya, bahwa  BlackBerry 10 Kekurangan Aplikasi Besar di BlackBerry World, dan tentunya hal tersebut menjadi kendala tersendiri bagi BlackBerry untuk kembali bersaing dengan Flagship besar lainnya seperti Samsung dan Apple.Tetapi saat ini, pengguna tidak perlu khawatir tentang kurangnya aplikasi di BlackBerry app store. Sekarang, Anda sendiri dapat memindahkan aplikasi Android ke OS BlackBerry. Kompatibilitas cukup tinggi. Menurut pengujian awal, Mayakatech menyimpulkan bahwa tingkat kompatibilitas adalah 7/10. Operasi transfer juga tidak terlalu rumit apalagi mengharuskan Anda untuk menjadi seorang pengembang profesional.

bb10-apps-world-7ba55


Untuk mengkonversi aplikasi Android (APK file) ke aplikasi BlackBerry 10 (BAR file), ada dua cara yang dapat dilakukan saat ini. Aplikasi dipindahkan melalui situs web atau perangkat lunak. Untuk saat ini, proses pemindahan lewat perangkat lunak adalah yang lebih kompleks, tapi sebagai imbalannya kemungkinan keberhasilan akan lebih tinggi.

Konversi Aplikasi Android Ke BlackBerry 10 Menggunakan Situs Web

Untuk menkonversi aplikasi Android melalui halaman web Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Langkah 1: Download file apk  Android App versi terbaru  dari Google Play.
Langkah 2: Konversi file apk tersebut menjadi fil Bar melalui Situs http://apk2bar.unker.net/ 
Langkah 3: Setelah proses konversi selesai, silahkan download hasilnya dan Install pada BlackBerry 10 Anda


 Capture-ba502


Namun, porting  aplikasi melalui situs masih mengalami banyak kendala dan terlihat masih banyak error. Secara khusus, BlackBerry 10 hanya mendukung Android 2.3 kebawah dan belum mendukung OS Android terbaru yakni jellybean 4.2. Selain itu, Anda tidak dapat mengambil APK file melalui Google Play Store, Anda harus mencari aplikasi di internet.

Konversi Aplikasi Android Ke BlackBerry 10 Menggunakan Software

Cara 2 adalah dengan menggunakan Runtime Tools pada Android. Perangkat lunak ini juga menyediakan bagi pengguna, kemampuan untuk mentransfer aplikasi Android ke BlackBerry 10. Fitur Runtime untuk Android mendukung konversi pada aplikasi Android terbaru, bukan hanya Android 2.3 Gingerbread seperti sebelumnya. Ini berarti Anda benar-benar dapat mengubah app Android  Jelly Bean yang baru dirilis.
Bisa dikatakan, Runtime untuk Android adalah pertanda baik bagi pengguna BlackBerry 10 karena memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi Android bekerja pada BlackBerry 10 dengan mudah.
Bisa dikatakan, meskipun cara-cara konversi diatas, baik melalui perangkat lunak dan website belum sempurna tetapi langkah tersebut telah memberi kita harapan besar pada BlackBerry 10. Dengan dukungan besar dari Google Play store yang lebih dari 700.000 aplikasi Android, BlackBerry 10 tentu tidak akan kekurangan aplikasi berkualitas.